Sabtu, 19 Januari 2019

Prediksi Defisit Neraca Gula

Neraca Gula nasional masih saja terus mengalami difisit. Hal ini dikarenakan peningkatan konsumsi gula nasional tidak dapat diimbangi oleh peningkatan produksi gula domestik. Hal ini tetntu memicu inflasi dan kenaikan harga yang tidak terkendali apabila Pemerintah tidak sigap dalam mengatasi permasalahan ini. Salah satu solusi yang praktus adalah dengan melakukan kebiajkan impor gula.
Neraca Gula
Neraca Gula

Hal ini bertujuan untuk menekan harga gula nasional dan memenuhi kebutuhan gula dalam negeri. Impor gula memang menyebabkan adanya defisit neraca, akan tetapi jika hal ini tidak dilakukan maka harga gula menjadi tidak terkendali dan kurang memenuhi kebutuhan gula tanah air. Pembuatan kebun tebu dan semisalnya untuk memproduksi gula bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Perlu adanya regulasi khusus dan hal krusial lainnya agar dapat berswasembada gula. Tahun 2017, kebutuhan gula domestik diperkirakan emncapai 5,69 juta ton, sementara produksi gula dalam negeri ahnya mampu mencapai 2,47 juta ton. Tentu hal ini memicu neraca gula mengalami defisit sebesar 3,52 juta ton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar