Sabtu, 19 Januari 2019

Banyaknya Jumlah Startup Indonesia

Jumlah Startup yang tersebar di seluruh tanah air jumlahnya tidak main - main. Hampir seribu startup ada di Indonesia. Jumlah pasti adanya starup kurang lebih sebanyak 992 startup yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Kemajuan teknologi, bertumbuhnya pengguna internet, dan mudahnya akses teknologi memicu tumbuhnya berbagai startup atau perusahaan rintisan di tanah air.
Jumlah Startup
Jumlah Startup

Startup ini banyak pula yang menggerakan ekonomi domestik karena dapat mengangkat produktivitas UMKM (usaha mikro kecil menengah) sehingga dapat menumbuhkan gairah perekonomian domestik. Merujuk pada Mapping & Database Startup Indonesia 2018 dari Indonesia Digital Creative Industry Society, jumlah startup tanah air / perusahaan rintisan teknologi yang berada di Indonesia telah mencapai 992 startup.

LEbih dair setengah jumlah startup itu berada di wilayah JABODETABEK yakni mencapai 522 startup, sementara itu, wilayah kedua dengan pertumbuhan startup terbesar berada di wilayah Sumatera yakni sebanyak 115 startup, kemudian diikuti oleh Jawa timur dengan 113 startup. Pertumbuhan startup dapat juga disebut sebagai penghasil multiplier effect terhadap tumbuh kembangnya UMKM Domestik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar