Sabtu, 19 Januari 2019

Alasan Pembenahan Layanan BPJS Kesehatan Bikin Resah

Pembenahan Layanan BPJS Kesehatan yang dilakukan pada awal tahun 2019 ini sangat meresahkan masyarakat. Pembenahan ini dinilai cukup membuat masyarakat pengguna layanan BPJS Kesehatan harus mencari fasilitas kesehatan yang masih mau menerima pasien BPJS Kesehatan. Sebelumnya BPJS Kesehatan melakukan pembenahan terhadap Fasilitas kesehatan yang bekerjasama denagn BPJS Kesehatan dengan mengharuskan mitra fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan memiliki akreditasi.
Layanan BPJS Kesehatan
Layanan BPJS Kesehatan

Akhirnya, puluhan rumah sakit mitra fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan diputus kerjasamanya oleh BPJS Kesehatan. Tentunya hal ini memicu polemik dan isu liar. Banyak isu beredar bahwa BPJS Kesehatan tidak sanggup lagi untuk membayar klaim kesehatan atas tunggakan pasien di fasilitas kesehatan. Akan tetapi hal ini dibantah oleh pihak BPJS Kesehatan, karena tunggakan BPJS Kesehatan di rumah sakit dapat diabyarkan dulu dengan pengajuan bank, atau menggunakan dana talangan bank.

Sehingga alasan BPJS tidak bisa membayar klaim adalah kurang tepat. Terlebih dari itu, dengan adanya pembenahan bisa menjadi dua mata pisau yakni disatu sisi Hal ini baik untuk BPJS kesehatan dalam meningkatkan kualitas faskesnya, akan tetapi di sisi lain, pengguna BPJS dibuat resah karena faskes tempatnya berobat tidak lagi mau menerima pasien BPJS Kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar