Sabtu, 19 Januari 2019

Penurunan Penduduk Miskin Indonesia

Jumlah Penduduk Miskin Indonesia akhirnya mengalami penurunan per bulan September 2018 jika dibandingkan dengan bulan Maret 2018. Penurunan angka kemiskinan penduduk Indonesia ini merupakan buah kinerja yang baik semua pihak yang berkepentingan. Turunnya jumlah penduduk miskin Indonesia dapat dikatana suatu pencapaian yang baik. Penurunan jumalah penduduk miskin Indonesia tidak lepas dari terkendalinya inflasi nasional yang berada pada level 0,94%.
Penduduk Miskin
Penduduk Miskin

Disamping itu, berbagai harga kebutuhan pokok seperti beras dan alin - lain telah mengalami penurunan harga sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat. Ditambah lagi, upah riil petani mengalami pertumbuhan, sehingga upah yang didapatkan bertambah. Efeknya, pemasukan petani lebih besar dari pengeluaran petani sehingga dapat lebih meningkatkan daya beli masyarakat. Secara umum, jumlah penduduk miskin di Indonesia dibawah 10% yakni 9,66%.

Akan tetapi sebanyak 16 Provinsi berada pada level diatas tingkat kemiskinan nasional yakni diatas 9,66%. Untuk itu pemeritnah diminta untuk tidak lengah mengahadapi kondisi seperti ini. Sejumlah program penegndalian kemiskinan juga harus terus dilaksanakan seperti pembelanjaan pemerintah pada bidang infrastruktur untuk mengurangi pengangguran, subsidi kesehatan dan pendidikan, dan bantuan pangan non tunai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar