Senin, 31 Desember 2018

Capaian Proyeksi Ekonomi 2019

Optimisme Pemerintah dalam menargetkan Proyeksi Ekonomi 2019 harus diacungi jempol meskipun sejumlah lembaga nasional dan dunia menganggap hal itu akan sulit untuk terwujud. Keadaan perekonomian global masih menghadapi ketidakpastian tidak menyurut pemerintah untuk tetap optimis dalam target pertumbuhan ekonomi tahun 2019. Pemerintah Indonesia meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi nasional akan lebih tinggi dari tahun sebelumnya.
Proyeksi Ekonomi 2019
Proyeksi Ekonomi 2019

Sementara itu, disisi lain para ekonom dan lembaga lokal serta internasional berpendapat bahwa pemerintah tidak akan mampu mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2019. Pemerintah Indonesia dan DPR memeutuskan pertubuhan ekonomi nasional sebesar 5,3% dalam asusmsi makro APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara) tahun 2019.

Bahkan dari target sebesar 5,3% itu Darmin Nasution sebagai Menteri Koordinator bidang perekonomian meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa lebih dari yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dan DPR. Darmin pun mengatakan bahwa tahun 2019 bisa lebih tinggi yakni mencapai 5,3% sampai dengan 5,4%. Adanya sentimen perpolitikan akan mengerek pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2019 sedangkan konsumsi masih menjadi salah satu penggerak perekonomian. Maka, tahun politik 2019 akan meningkatkan aktifitas ekonomi nasional baik dari segi konsumsi pemerintah dan rumah tangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar